Upacara dan Resepsi HAB ke-77 Kemenag Lamsel, Manifestasi Rasa Syukur

SHARE

Kemenag Lampung Selatan (Humas) – Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama RI Ke-77 Tanggal 3 Januari 2023 dilaksanakan secara khidmat dan lancar oleh keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan, bertempat di halaman MAN 1 Lampung Selatan.

Bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan, H. Ashari, S.E.,M.Pd.I., sekaligus menyampaikan amanat Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas.

“Pada peringatan HAB ke-77 tahun ini, saya mengajak seluruh ASN Kementerian Agama untuk memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada umat," ungkap H. Ashari, "Jadikan peringatan HAB ini sekaligus sebagai penanda sejarah panjang pengabdian Kementerian Agama dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia,” tambahnya.

“Lebih lanjut HAB tahun ini, kita canangkan tagline Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat. Tugas berat harus ditunaikan oleh seluruh ASN Kementerian Agama. Kerukunan sangat fluktuatif dan dinamis. Kerukunan sering menguji kita, lebih-lebih menjelang Pemilu 2024. Sejatinya, kerukunan adalah prasyarat pembangunan nasional. Pembangunan membutuhkan stabilitas, dan stabilitas dapat terwujud bila antarmasyarakat rukun dan damai," ungkapnya.

H. Ashari menjelaskan bahwa keluarga Kementerian Agama bersama Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat harus terdepan dalam membina dan membangun suasana rukun dan damai agar perjalanan dan tahapan Pemilu dapat dinikmati sebagai pesta demokrasi yang sesungguhnya.

“Melalui peringatan HAB ke-77 ini, mari kita jadikan momentum untuk meningkatkan soliditas organisasi. Kita harus berada dalam satu barisan yang kuat, kokoh dan terorganisir untuk Kementerian Agama yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut juga diberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas pengabdiannya kepada 32 orang ASN Kementerian Agama, berupa Satya Lancana Karya Satya. Diharapkan dengan penghargaan tersebut semakin meningkatkan kinerja ASN Kementerian Agama dan menambah kebanggaan, sebagai bagian dari Korps Kementerian Agama.

Setelah rangkaian upacara dilaksanakan juga seremonial/resepsi HAB ke-77  Kontor Kemenag Lampung Selatan yang dihadiri oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, Ketua PKK Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto, DWP Kemenag Lampung Selatan, Forkopimda Lampung Selatan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan seluruh peserta yang mengikuti upacara.

Kepala Kementerian Agama Lampung Selatan H. Ashari, SE., M.Pd.I dalam sambutannya mengatakan, peringatan HAB Kemenag 2023 mengusung tema “Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat”.

“Oleh karena itu, melihat tema yang sekarang ini, untuk menuju hebat tentu harus rukun, berbeda-beda juga untuk kebersamaan, kerukunan umat ini sangat penting bagi kita semua,” ucap Kepala Kemenag.

Ia menerangkan, diusia ke-77 Tahun Kemenag terus berinovasi dan berimprovisasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan maupun SDM khususnya di Lampung Selatan.

“Alhamdulilah kami sudah bekerja sama dengan Kalapas untuk pembinaan santri-santri di Lapas, bekerjasama dengan BPJS maupun Pemda, terkait pelayanan,” kata Ashari.

“Bagaimana pelayanan ini tidak hanya mudah cepat tepat akan tetapi perlu bersahaja dan kebahagian,”ucapnya lagi.

Sebelum menyampaikan sambutannya, Bupati Lampung Selatan H Nanang Ermanto tak lupa mengucapkan Selamat memperingati Hari Amal Bakti kepada Kemenag Lamsel ke-77 dan mengapreasisasi terselenggaranya acara tersebut.

Bupati Nanang menyebut, Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI setiap tanggal 3 Januari, sebagai bentuk merefleksikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan penghargaan terhadap jasa-jasa para perintis dan pendiri Kementerian Agama.

“Banyak yang sudah diperbuat untuk bangsa ini, apapun bentuknya kita tidak bisa meninggalkan sejarah. Bagaimana cara kita mempertahankannya khususnya di Kementerian Agama dan senantiasa menjaga kerukunan antar umat,”ujar Nanang

Sebagai bagian dari perangkat berbangsa dan bernegara, menurut Nanang Kementerian Agama hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, menjaga kerukunan, dan memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya.

“Kemenag bersama Pemerintah Daerah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam kemajuan dan pembangunan di Lampung Selatan agar terus bersinergi, tumbuh dan berkembang bersama-sama,” pungkas Nanang.

Setelah itu dilaksanakan pemotongan tumpeng, dilanjutkan dengan penyerahan Sertifikat Halal, penyerahan Penghargaan Madrasah Adhiwiyata, pemberian Penghargaan Pendamping Produk Halal Terbaik, Penghargaan pakaian adat nusantara terbaik dan pembagian hadiah Lomba HAB dilingkungan Kantor kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan.(SDP)