PAPKI Kemenag Lam-Sel Mengadakan Kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru Pendididkan Agama Islam

SHARE

Lampung Selatan Humas—Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Lampung Selatan H. Ashari, SE.,M.Pd. I, Membuka Langsung acara Kegiatan  Peneingkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, yang  dilaksanakan di Hotel Negeri Baru Resort  pada hari Rabu tanggal 16 Maret 2022, hadir juga Kasi Seksi Pendidikan Agama dan Pendididikan Keagamaan Islam Hj. Septi Suharwita.,M.Pd.I,. Dalam sambutanya Kakemenag Guru merupakan faktor penting dalam pendidikan diharapkan mampu untuk menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien. Sejumlah kompetensi harus dimiliki dan senantiasa ditingkatkan sebagai prasyarat dalam menunjang profesi keguruan agar bisa memberikan layanan pendidikan sesuai dengan keahliannya serta relevan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan. Baik itu meliputi kompetensi pedagogic, personal, professional, dan social sehingga terwujud profil guru yang diharapkan yaitu kompeten di bidangnya dan professional dalam tugasnya, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Guru dan Dosen bahwa Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikasi pendidikan dll. Guru yang kompeten menjadi aset berharga bangsa dalam menciptakan iklim belajar yang kondusif dan membentuk intelektual peserta didik yang beriman dan bertaqwa,Ujarnya.

Hj. Septi Suharwita selaku penyelenggara kegiatan ini menyampaikan Kegiatan Pelaksanaan Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam yang merupakan bentuk upaya aktif untuk mendukung peningkatan kualitas profesionalitas dan kualitas kreativitas dari pendidik secara personal. Kegiatan ini mempertimbangkan kenyataan dilapangan bahwa, dimana pelajaran Pendidikan Agama Islam cenderung dinilai oleh siswa sebagai mata pelajaran yang menjenuhkan. Upaya-upaya itulah yang diperlukan pro-aktif demi peningkatan kualitas guru Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi kompas orientasi pendidik yang mampu menggugah kesadaran dan mendorong peserta didik melakukan perbuatan yang mendukung pembentukan pribadi siswa lebih berkarakter agamis,Ucapnya.

Adapun sasarannya adalah Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dimaksudkan untuk mengembangkan kualitas, profesionalime, dan kreativitas tenaga pendidik agama Islam yang ada dibawah unit kerja Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan dan Narasumber pada kegiatan kali ini diisi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan dan Sub Kordinator PAI Pada Bidang PAPKI Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, H. Masrur Hamid,S.Ag.

Peserta kegiatan berjumlah ± 85 orang dengan masing masing Pengurus KKG Kecamatan 5 orang dan MGMP mengirimkan ketua pada setiap jenjang.( AdminLs Mh)