Kepala Kantor Kemenag Lampung Selatan Dikukuhkan Menjadi Pengurug BKM

SHARE

Lampung Selatan (Humas) --- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengukuhkan Pengurus Kepengurusan Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung Periode 2023-2027, Jum'at (15/12) di Ruang Pusiban kantornya.

Dalam kesempatan ini, Arinal mengapresiasi Kementerian Agama yang telah mengaktifkan kembali BKM sebagai organisasi lama.

"Oleh karena itu, Saya berharap pengurus BKM di Provinsi Lampung baik Tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan maupun Kelurahan dapat aktif bersinergi, berkolaborasi untuk menjaga masjid dari ancaman intoleransi, dan eksterisme, serta politisasi yang memecah belah, yang tidak mempersatukan kita, tidak menjadikan rukun sehingga persatuan dan kesatuan bangsa dapat terus terjaga," pesannya.

"Saya juga mengajak kepada pengurus untuk menjadikan masjid secara tepat guna, tepat sasaran, dan tepat tempat," ajaknya.

.

"Berdirinya BKM di Provinsi Lampung ini berdasarkan PMA Nomor 6 Tahun 2006 yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masjid serta tempat ibadah umat Islam lainnya atas dasar takwa melalui peningkatan manajemen (idarah), kemakmuran (imarah), dan pemeliharaan (riayah)," terangnya.

"Untuk diketahui BKM ini merupakan organisasi yang sudah lama ada dimana telah dirintis sebelum tahun 1960an dan dikukuhkan Tahun 1961 dengan nama Pengurus Kas Masjid (PKM) berubah menjadi BAKEMAS dan berubah menjadi BKM. Pada tahun 2023, Menteri Agama melakukan revitalisasi BKM dan telah melaunching BKM pada tanggal 3 Mei 2023 dan telah mengukuhkan kepengurusan BKM 34 Provinsi serentak pad 23 Agustus 2023," bebernya.

Dikatakan Puji, Revitalisasi Badan Kesejahteraan Masjid yang dikehendaki tersebut setidaknya menyangkut tiga ranah. Pertama, membentuk dan mengokohkan kepengurusan organisasinya. Kedua, mencermati dan memperkuat payung regulasinya. ketiga, menyertakan dan menyinergikan segenap potensi program pengembangan kemasjidan, baik yang bersifat programatik, maupun terutama mengokohkan akar-akar teologis-ideologis yang menjiwai gerak langkah organisasi.

"Melalui acara pengukuhan ini diharapkan menjadi momentum untuk mempererat tali silaturahmi di antara jamaah masjid dan masyarakat sekitar dan semoga kehadiran Badan Kesejahteraan Masjid ini dapat menjadi wahana bagi kerjasama yang lebih baik dalam menciptakan lingkungan yang harmonis dan sejahtera," harapan Kakanwil.

"Dengan semangat baru dan komitmen tinggi, Badan Kesejahteraan Masjid Provinsi Lampung siap melangkah maju sebagai mitra yang aktif dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat," tandasnya.

Hadir dalam kegiatan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan H. Ashari, Kepala Bagian Tata Usaha H. Marwansyah, Kepala Bidang Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, Kepala Kemenag, dan Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kemenag Kabupaten/Kota, dan Perwakilan Pengurus Masjid Se-Provinsi Lampung, serta tamu undangan lainnya.(Anggithya/Abdul Aziz/SDP)