Kemenag Lamsel Lounching Desa Sripendowo dan Legundi Jadi KMB

Admin 18 Agu 2023 Bimas Islam
Kemenag Lamsel Lounching Desa Sripendowo dan Legundi Jadi KMB

KETAPANG, (Humas) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lampung Selatan melounching Kampung Moderasi Beragama (KMB) Desa Sripendowo, Kecamatan Ketapang, Sabtu (17/6/2023).

Lounching Kampung Moderasi Beragama yang di laksanakan di Balai Desa Sripendowo, Kecamatan Ketapang itu sekaligus memberikan sosialisasi KMB dari narasumber Kanwil Kemenag Provinsi Lampung dan Badan Kesbangpol Pemkab Lampung Selatan

Camat Ketapang Rendy Eko Supriyanto, S.STP menyambut baik program Kantor Kemenag Lamsel yang memilih dan menempatkan Kecamatan Ketapang sebagai pilot projects Kampung Moderasi Beragama di Lampung Selatan.

Mantan Camat Natar ini menyebutkan, Kecamatan Ketapang seperti Indonesia mini yang terdiri berbagai agama dan suku serta adat istiadat.

"Kecamatan Ketapang ini seperti Indonesia mini. Semua agama dan tempat ibadahnya ada disini. Seperti, Masjid, Pura, Klenteng, Gereja. Berbagai suku juga ada di Kecamatan Ketapang ini. Masyarakat hidup berdampingan saling hormat menghormati dan hidup penuh toleransi," kata Rendy Eko Supriyanto saat memberikan sambutan.

Camat Ketapang ini berharap, dengan kegiatan kampung Moderasi Beragama kehidupan bermasyarakat di Kecamatan Ketapang semakin mempererat tali silaturahmi dan toleransi antar umat beragama. "Dengan sosialisasi dan lounching Kampung Moderasi Beragama ini mudah mudahan kehidupan beragama di Kecamatan Ketapang khususnya dan Lamsel umumnya semakin memperkuat kesatuan dan persatuan,"ujarnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lampung Selatan H. Ashari, SE, M.Pd.I yang di wakili Plh. Kasi Bimas Islam H. Aprizandi, S.Fill, M.Kom.I mengatakan, dipilihnya Kecamatan Ketapang sebagai Kampung Moderasi Beragama di Lampung Selatan karena beberapa faktor. Salahsatunya adalah terdapat pemeluk agama Islam, Hindu, Kristen, Budha dan Konghuchu.

"Pemilihan Kecamatan Ketapang sebagai Kampung Moderasi Beragama bukan tidak beralasan. Disini ada semua pemeluk agama dan tempat ibadahnya. Yakni, ada di Desa Sripendowo dan Desa Legundi. Semua tempat ibadah agama tersebut ada di dua desa tersebut," katanya

Pada kesempatan itu, H. Aprizandi, S.Fill, M.Kom.I membuka langsung sosialisasi dan lounching Kampung Moderasi Beragama Kecamatan Ketapang yang di pusatkan di Desa Sripendowo mewakili Kepala Kemenag Lamsel H. Ashari, SE, M.Ps.I.

"Lounching Kampung Moderasi Beragama ini dilakukan secara serentak seluruh Indonesia oleh Menteri Agama pada hari ini (Sabtu'red)," katanya.

Dalam acara sosialisasi dan lounching KMB Desa Sripendowo itu di hadiri para tokoh-tokoh agama yang ada di Lampung Selatan dan Kecamatan Ketapang.(SDP)

Related Post