Kemenag Lampung Selatan Ikuti Upacara Peringatan Bela Negara Tahun 2023

SHARE

Lampung Selatan (Humas) -- Upacara peringatan Hari Bela Negara yang dilaksanakan di tingkat Kabupaten Lampung Selatan, Selasa (19/12) turut dihadiri Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Lampung Selatan, H. Ashari, SE.,M.Pd.I bertempat di lapangan korpri Pemda setempat.

Dengan mengusung tema "Kobarkan Bela Negara Untuk Indonesia Maju", Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto selaku inspektur upacara membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia. Isi sambutannya menyampaikan bahwa Tantangan ke depan semakin tidak terduga. Kita bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata. Pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara. Kita harus memiliki jiwa Bela Negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu. Semangat Bela Negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan seharihari. Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit Bela Negara.

Ditemui disela-sela acara H. Ashari mengungkapkan bahwa upacara bela negara ini merupakan ungkapan rasa syukur kehadirat Allah SWT atas segala keberagaman.

"Baik itu suku, bahasa, adat istiadat, agama di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tugas bela negara bukanlah tugas yang ringan seiring dengan makin kompleksnya tantangan yang dihadapi. Namun saya yakin melalui sinergi antar segenap elemen Bangsa Indonesia, kita semua mampu membawa Indonesia menjadi negara yang berdaulat, adil, dan makmur serta berperikepribadian dalam kebudayaan," tutupnya.(SDP)